Dampak dan Manfaat Social Networking bagi Dunia Pendidikan

kaos distro murah
Assalamualaikum
 hai kawan admin update lagi nih
nah langsung aja ane gak panjang lebar simak langsung
cekidot

Hari gini yang ngaku anak gaul pasti pada punya yang namanya facebook,twitter,yahoo,koprol,my space, dll. Sebenernya Sebetulnya kalian tahu gak manfaatnya dari itu smua apa. Nah hal inilah yang akan aku bahas ditulisaku kali ini.
23e53c375f364173018587043531f925_page
Sebelumnya apa sih social networking itu?
Social networking atau yang lebih sering disebut dengan jejaring sosial adalah pengelompokan individu ke dalam kelompok-kelompok tertentu, seperti masyarakat pedesaan kecil atau subdivisi lingkungan.
Lalu apa sih manfaat jejaring sosial bagi dunia pendidikan
Didalam dunia pendidikan ada beberapa manfaat dari jejaring sosial yaitu sebagai tempat informasi hasil karya penelitian yang kedua sebagai tempat atau sarana membentuk komunitas pendidikan yang ketiga sebagai tempat guru memberikan kisi-kisi soal dan memberikan tugas kepada siswanya, yang ke empat memberikan pesan positif antar sesama teman dalam dunia pendidikan dan juga sebagai wadah bertukar pikiran dalam ilmu pengetahuan. Dan yang terakir sebagai wahana pengumpulan tugas dari siswa terhadap gurunya.
Selain dalam dunia pendidikan social networking juga berfungsi dalam kehidupan masyarakat seperti contoh sebagai media interaksi sosial dengan jaringan pertemanan yang ditambahkan dalam account. Menambah teman baru dan bahkan bertemu dengan teman lama atau melakukan kontak dengan teman yang jauh dari kita. Saat ini yang paling marak dikalangan remaja adalah facebook dan twitter. Dengan adanya facebook yang semakin marak dikalangan anak muda sekarang, banyak juga bermunculan industri online yang marak di facebook untuk meningkatkan bisnis mereka. keuntungan lain dari jejaring sosial adalah bagaimana perusahaan online tersebut bisa menyebarkan informasi tentang produk ataupun jasa yang mereka tawarkan sehingga informasi tersebut diakses oleh orang banyak.
Ok sekarang langsung aja deh kita bahas dampak positif dan negatif yang diakibatkan oleh jejaring sosial:
? DAMPAK POSITIF:
Sebagai media penyebaran informasi.Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita sudah dapat mengakses informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era globalisasi seperti sekarang ini.
Memperluas jaringan pertemanan.Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Selain itu kita juga dapat menemukan teman lama kita yang sudah lama tidak terhubung dengan kita. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, dll.
Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial dan Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.
? DAMPAK NEGATIF:
Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) dan jejaring sosial juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa terhadap lingkungan sekitarnya.Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berinteraksi dengan dunia luar. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengalami penurun interaksi dengan sesamanya.
Dampak lain adalah Kejahatan dunia maya.Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam.salah satunya adalah hacking. Kejahatan seperti ini sangatlah mencemaskan para pengguna situs jejaring sosial didalamnya.untuk itu kita harus bisa menyiasatinya guys salah satunya dengan cara sering mengganti password kita dan jangan sampai password account kita diketahui oleh orang lain.
Jejaring sosial juga dapat membuat seseorang keluar dari realitas dan menenggelamkan dirinya ke dalam dunia tiruan komunitas sosial di internet. Bukan bertemu dengan seseorang untuk bisa berbicara langsung tetapi duduk di depan komputer dan memeriksa apa yg sedang dilakukan oleh teman tiruannya di jejaring sosial.
Dan sejak adanya situs jejaring sosial seperti yang disebutkan diatas sangat menyedot perhatian publik. Sebagian orang terutama dikalangan remaja sekarang para remaja menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial. Kita juga perlu belajar dan melakukan aktivitas lainnya.Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook, Twitter, dll.

nah jmungkin cukup itu dulu gan
ane buru-buru di kejar ama waktu udah malem ahhh hehe

salam blogger

0 Response to "Dampak dan Manfaat Social Networking bagi Dunia Pendidikan"

Post a Comment

komentar di pergunakan jika ada kesalahan, menambah motivasi, gagasan, ucapan teri makasih, etc
bukan spam , spam otomoatis di hapus oleh admin
komentarlah yang sekiranya bisa membangun akan blog,
salam blogger