Cara Merubah / Mengganti MAC-Address

kaos distro murah

Assalamualaikum
pada postingan kali ini akan membahas tentang MAC-Address saya mendapat masukan dari seseorang mengenai cara melindungi sistem dengan cara merubah MAC-Address yang waktu dulu saya post mengenai Virus Jaringan nah saya postkan pendapat tersebut sekarang ,
Tapi mungkin semua juga masih bingung tentang Mac Address hehe berikut jawaban yang saya dapati melalui wikipedia.org -> http://id.wikipedia.org/wiki/MAC_address

    MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

kalau pemahaman saya… MAC-Address adalah sebuah alamat jaringan yang ditanamkan/diberikan secara permanen kepada sebuah perangkat jaringan (Lan Card / Ethernet Card) dimana alamat mac-address ini tersusun menggunakan bilangan Hexadecimal yang terdiri dari A-F dan 0-9  …paham bukan ???

untuk dapat melihat sebuah mac-address pada perangkat komputer kita … bisa dengan mengetikkan perintah berikut, jika anda menggunakan Sistem Operasi berbasis Linux :

sudo ifconfig -a

sehingga akan menghasilkan output sebagai berikut :

walidumar@tukangsapu:~$ sudo ifconfig -a
[sudo] password for walidumar:
eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:1f:16:c6:81:3b 
          UP BROADCAST MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:1
          collisions:0 txqueuelen:1000
          RX bytes:0 (0.0 B)  TX bytes:0 (0.0 B)

berdasarkan pada hal ini  security pada WIFI sudah menggunakan teknologi Mac-Filtering… :Mac-Filtering merupakan fitur keamanan jaringan yang diterapkan pada perangkat WIFI dengan tujuan melakukan filtering / pembatasan akses pada MAC-Address pada perangkat yang tidak diinginkan untuk terkoneksi dengan jaringan.

Berdasarkan pada hal itu…  maka pada postingan kali ini kita akan sama-sama belajar bagaimana cara memanipulasi MAC-Address. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menginstall tools macChanger 
pastikan kita terkoneksi dengan internet…  selanjutnya buka console terminal dan install macchanger… ketikkan perintah berikut :

sudo apt-get install macchanger

silahkan ditunggu ..sampai proses installasi selesai, setelah selesai selanjutnya ketik kembali perintah berikut :

sudo ifconfig -a

selanjutnya…nonaktifkan  salah satu perangkat jaringan yang akan anda gunakan, dalam hal ini saya memilih wlan0 (perangkat Wireless) untuk menjadi percobaan

sudo ifconfig wlan0 down

    Catatan : perangkat jaringan harus nonaktif terlebih dahulu sebelum proses pergantingan MAC

selanjutnya… ketikkan 2 perintah berikut untuk mengganti Mac-Address secara acak :
sudo macchanger -r wlan0

selanjutnya nyalakan kembali interface wlan0 dengan perintah berikut

sudo ifconfig wlan0 up

setelah Mac-Address diaktifkan kembali, selanjutnya lakukan pengecekkan mac-addres untuk memastikan apakah Mac-Address telah diganti seperti yang kita inginkan, dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo ifconfig wlan0

selanjutnya…  silahkan mencoba untuk mengkoneksikan perangkat wireless anda ke network jaringan yang sebelumnya mac-address anda telah di FIltering / menggunakan mac-filter.

Sekian postingan nya, semoga postingan sederhana ini bermanfaat..  apabila ada kesalahan..mohon koreksi dan masukkannya, karena saya masih dalam tahap belajar.
thanks juga sudah mau mengunjungi blog saya kawan
thanks for all

salam blogger

0 Response to "Cara Merubah / Mengganti MAC-Address"

Post a Comment

komentar di pergunakan jika ada kesalahan, menambah motivasi, gagasan, ucapan teri makasih, etc
bukan spam , spam otomoatis di hapus oleh admin
komentarlah yang sekiranya bisa membangun akan blog,
salam blogger